jump to navigation

Maen Game, Nilai Murid Malah Meningkat November 4, 2007

Posted by StopDreamingStartAction in Game, Ide - ide Cemerlang, Paling Hot di jagad maya.
trackback

Skotlandia – Bermain video game tak selalu membuat performa anak-anak di sekolah menurun. Setidaknya itulah yang ingin dibuktikan sebuah sekolah dengan membuat penelitian dampak game terhadap nilai para murid mereka.
Riset ini dilakukan sekolah St Columba’s Primary di Dundee, Skotlandia dengan membagi dua kelompok siswa yang terdiri dari murid kelas 5 dan 6 sekolah dasar. Satu kelompok ‘dicekoki’ game dari Nintendo DS selama 20 menit sebelum mengikuti pelajaran, dan kelompok satu lagi tidak.

Sepuluh minggu kemudian, kedua kelompok murid itu diberikan sebuah tes Matematika untuk melihat perkembangan riset ini. Hasilnya pun sungguh di luar dugaan. Pasalnya, anak-anak yang ‘dicekoki’ game mendapat nilai pelajaran yang lebih baik ketimbang kelompok murid yang satunya.

Nilai yang mereka dapat pun meningkat dari hasil tes sebelumnya, dengan kenaikan rata-rata 10 persen per anak. Selain itu, waktu pengerjaan soal-soal juga menurun, dari yang sebelumnya butuh waktu 17 menit 1 detik kini hanya membutuhkan waktu 13 menit 19 detik.

Ternyata game yang diberikan kepada para murid tersebut bukanlah game biasa, tetapi game khusus untuk melatih keceradasan otak. Game ini dikenal dengan nama ‘More Brain Training’ yang dikembangkan oleh seorang dokter asal Jepang. Bagaimana kalo game yang ini

Berbagai latihan yang dapat mempertajam otak penggunanya dihadirkan dalam permainan ini. Mulai dari jenis game hitung-hitungan, tes membaca, penyelesaian masalah hingga memori puzzle.

Sehingga tak heran jika para murid yang dicekoki game mendapat nilai yang lebih baik, karena mereka serasa mendapat ‘pelajaran tambahan’ dari game ini. Namun, dikemas secara menarik sehingga dapat memancing antusiasme anak-anak. Seandainya di terapkan di Indonesia gimana ya?

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: