jump to navigation

Temasek Kamu Jangan Serakah! November 20, 2007

Posted by StopDreamingStartAction in celluler & Comunication, Marketing, News.
trackback

Seperti yang ditulis mbak Arin Widiyanti untuk detikinet, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memberikan syarat ketat untuk kewajiban pelepasan kepemilikan saham Temasek di Indosat atau Telkomsel kepada pihak lain yang dibatasi maksimal 5%.

Investor yang akan membeli itu juga tidak boleh terafiliasi dengan Temasek Holding
ataupun dengan pembeli lain dalam bentuk apapun.

KPPU juga menyatakan akan terus memonitoring pelepasan saham ini agar tidak terulang lagi ada pelaku usaha membeli saham lebih dari 5% sehingga menjadi mayoritas.

Demikian pengumuman dari Ketua Majelis Komisi KPPU, Syamsul Maarif dalam sidang di Kantor KPPU, Jalan Juanda, Jakarta, Senin (19/11/2007).

“Kenapa tidak separuh atau menjadi minoritas karena nanti kalau tidak keseluruhan saham dijual hasilnya sama saja, dia tetap menjadi monopoli karena juga memiliki perusahaan seluler terbesar di Indonesia,” kata Syamsul.

Untuk kesuluruhan putusan KPPU ini, pelaku usaha diberi waktu 15 hari untuk mengungkapkan keberatannya dengan cara mengajukan keberatan ke Pengadilan Negeri. Apabila tidak dilakukan maka keputusan bersifat Inkracht atau berkekuatan hukum tetap sehingga harus dilaksanakan. Terus terang saya sangat setuju.!

Demikian juga untuk sanksi penurunan tarif Telkomsel sebesar 15%, dihitung dari tanggal dibacakannya putusan ini. Telksomsel diberi waktu 45 hari untuk menurunkan tarif sejak putusan ini memiliki kekutaan tetap hukum, yakni masa kekuatan hukum tetap 15 hari plus 30 hari.

Mengeni tidak adanya kewajiban pemberian ganti rugi ke konsumen yang dirugikan Rp 30 triliun dari 2003-2006, menurut Syamsul karena tidak ada yang mengajukan keberatan atas nama konsumen.

Keseluruhan terlapor ini diwajibkan memberi laporan divestasinya untuk mengetahui pemilik dari saham-saham yang dijual.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: