jump to navigation

Ponsel Anda [berbahaya] Januari 16, 2008

Posted by StopDreamingStartAction in celluler & Comunication, News.
trackback

Anak muda Jepang masa kini makin tak bisa melepaskan diri dari ponsel. Menurut survei pemerintah Jepang, sepertiga anak Sekolah Dasar berusia 7-12 tahun sudah memakai ponsel. Di Sekolah Tinggi, presentase pemakai ponsel bahkan melonjak sampai 96 persen.

Meski keberadaan ponsel tersebut membawa banyak manfaat, para pakar mengemukakan bahwa ketergantungan anak pada ponsel mengandung resiko. Resiko ini seperti pelecehan seksual ataupun fenomena anak-anak jadi sukar bersosialisasi secara langsung, muka dengan muka.

“Anak-anak mengemukakan bahwa hal yang paling penting selain hidup mereka adalah ponsel. Mereka mengutak-atik ponsel di manapun berada. Padahal ponsel membawa bahaya,”

ungkap Masashi Yasukawa, kepala lembaga National Web Counseling Council.

Hideki Nakagawa, Profesor Sosiologi di Nihon University di lain pihak mengatakan bahwa ponsel telah jadi semacam obsesi kaum muda Jepang. Tanpa ponsel, mereka merasa tak nyaman. Padahal jika tidak waspada, ponsel berpotensi membahayakan anak-anak Jepang ini.

Misalnya, ponsel bisa membuat anak belajar jadi pelaku pelecehan dengan mengolok-olok teman via SMS tanpa memikirkan konsekuensinya. Mereka juga bisa tanpa sengaja menunjukkan informasi diri pada orang yang berniat jahat seperti kaum paedofil. Selain itu, orang tua juga kena batunya karena pengeluaran untuk pulsa anak-anak mereka makin melonjak. Kalo situs kencan bahaya gak ya?

Komentar»

1. anwarudin - Januari 23, 2009

Nooo komen

2. Ponsel Anda [berbahaya] « Siracuy’s Weblog - Maret 17, 2008

[…] — siracuy @ 7:41 am Posted by syaifudinzuhri in News, celluler & Comunication. trackback Anak muda Jepang masa kini makin tak bisa melepaskan diri dari ponsel. Menurut survei pemerintah […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: